Bahan kosmetik yang harus dihindari saat hamil

Bahan kosmetik yang harus dihindari saat hamil

Bahan kosmetik yang harus dihindari saat hamil? kita simak yuk sis…..

Menjaga penampilan dan melakukan perawatan tubuh jangan sampai dilupakan meskipun sedang hamil. Tapi tahukah Anda bahwa ada beberapa produk kecantikan yang harus dihindari saat hamil?

Bahan kosmetik yang harus dihindari saat hamil

Berikut ini adalah Bahan kosmetik yang harus dihindari saat hamil yang mungkin terkandung dalam cream perawatan kecantikan yang harus dihindari:

Mercury

Produk kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri umumnya menjanjikan wajah putih dalam tempo singkat. Seminggu saja menggunakan produk ini, wajah dijamin langsung cling. Pada tubuh ibu yang mengandung, mercury  dapat mengalir ke janin yang sedang dikandungnya dan terakumulasi di sana. Juga dapat mengalir ke bayi melalui susu ibu. Akibatnya, pada bayi dapat berupa kerusakan otak, retardasi mental, buta, dan bisu. Bahkan, masalah pada pencernaan dan ginjal juga dapat terjadi.

Hydroquinone

Bahan kimia ini biasa terkandung pada produk pemutih kulit. Sebaiknya hindari  penggunaan krim pemutih selama kehamilan dan menyusui, karena zat-zat kimia ini berpengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuhmu. Bagi perempuan hamil, ini akan menyebabkan terhalangnya proses alami pembentukan kulit yang sehat untuk calon bayi.

Retinoid dan Asam Salisilat

Kedua zat ini biasa ditemukan pada obat jerawat dan produk anti-aging. Retinoid dan asam salisilat merupakan vitamin A derivatif atau turunan yang dipercaya berbahaya bagi calon bayi. Asam salisilat dalam dosis kecil yang biasa terkandung pada pembersih muka dan lotion masih aman digunakan oleh ibu hamil. Namun vitamin A dalam dosis tinggi seperti yang terkandung pada produk anti-aging dan obat jerawat dapat menyebabkan cacat lahir. Sebaiknya konsultasikan pada dokter sebelum memakai produk-produk perawatan kulit.

Ftalatat (Phthalates)

Zat kimia ini biasa tersembunyi pada produk-produk pewangi atau produk kecantikan yang memiliki aroma yang cukup kencang. Memang biasanya kandungan zat ini tidak tertulis pada kemasan, namun ftalatat digunakan untuk menstabilkan pengharum pada produk kosmetik seperti body lotion,  parfum, dan body spray. Dalam dosis tinggi bahan ini membuat masalah reproduksi pada hewan percobaan. Belum ada penelitian lebih lanjut, tapi sebaiknya hindari produk dengan aroma yang tajam pada saat hamil dan gunakan hanya produk dengan bahan alami tanpa aroma.

Toluen

Tidak ada larangan mewarnai kuku pada saat hamil. Tapi sebaiknya lakukan perawatan dan pewarnaan kuku di tempat yang terbuka dan dengan fentilasi udara yang baik. Hampir semua cat kuku menggunakan toluen untuk mencairkan tekstur cat kuku yang pekat. Saat membuka produk yang memakai zat toluen in, udara di sekitarnya akan terkontaminasi dan bisa membahayakan janin. Bukan hanya cacat lahir saja tapi juga akan terjadi kemungkinan keguguran jika menghirup zat ini dalam dosis tinggi. Konon, di Amerika banyak terjadi keguguran yang tidak disengaja di antara para manicurist salon.

salam cantik,

TheraSkin LALA

Incoming search terms:

  • merk kosmetik yang aman untuk ibu menyusui
  • wardah untuk ibu menyusui
  • testimoni theraskin busui
  • produk theraskin untuk ibu menyusui
  • theraskin untuk ibu menyusui
  • merk kosmetik yang aman untuk ibu hamil dan menyusui
  • paket theraskin untuk ibu menyusui
  • theraskin yang aman untuk ibu menyusui

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.